Kamis, 07 November 2013

Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia)  Sebagai Kunci Pelestarian dan Pengembangan Potensi Alam
     Indonesia merupakan sebuah negara yang dikaruniai potensi alam yang sangat melimpah ruah dan bernilai tinggi. Sebagai contoh kecil dari potensi alam yang sangat luar biasa di Indonesia adalah kondisi tanahnya yang teramat subur. Bahkan terdapat istilah tongkat mati pun jika ditancapkan ditanah, maka akan menjadi sebuah pohon. Hal ini menggambarkan bahwa kondisi alam di Indonesia sangatlah berpotensi dibandingkan dengan  negara lain.
     SDA yang terdapat di negeri ini sangatlah banyak. Sehingga jika dapat dioptimalisasikan dengan baik, maka akan membawa kesejahteraan pada penduduk  di negeri ini. Namun pada hakikatnya, kondisi alam yang berpotensi ini tidak dapat dioptimalkan karena SDM negara kita yang masih rendah. Sehingga potensi alam yang luar biasa ini terabaikan bahkan dikuasai oleh orang asing.
     Maka dari itu, sungguh ironi jika kita merelakan harta kekayaan negeri ini dieksploitasi secara terus menerus oleh orang-orang yang seharusnya tidak memilikinya. Semua komponen masyarakat negeri ini terlebih bagi pemerintah yang harus bertanggungjawab secara utuh untuk mengembangkan SDM negeri ini.
     Mengapa harus SDM yang dijadikan faktor utama kelestarian dan pemberdayaan potensi alam ?  sebagaimana kita ketahui bahwa Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqoroh Ayat 30 yang menjelaskan tentangpenciptaan manusia dan penguasaannya di bumi. Yaitu :
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
     Ayat diatas menjelaskan betapa besar pengaruh manusia terhadap bumi ini. Bukan hewan, tumbuhan atau makhluk apapun itu, melainkan manusialah yang memiliki pengaruh besar terhadap muka bumi ini. Oleh karena itu, jika tidak tercipta SDM yang berkualitas meliputi jasmaniyyah dan ruhaniyyah maka akan berdampak pada kerusakan lingkungan yang diciptakan oleh manusia sendiri.
     SDM yang berkualitas jasmaniyyah dan ruhaniyyah merupakan suatu kunci sukses dalam proses kemajuan negara. Karena dengan hal itu lah akan tercipta manusia yang berkarakter lagi bekualitas tinggi, sehingga ia akan melestarikan lingkungannya berdasarkan kepedulian yang lahir dari jiwa ruhaniyyahnya serta pengembangan-pengembangan potensi alam akan lebih optimal dan terarah berdasarkan jiwa jasmaniyyahnya yang didasari dengan intelektualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar