Selasa, 15 Oktober 2013

Manfaat Program Pelatihan SDM Terhadap Perusahaan

Menilik pada usaha perusahaan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia mereka, program pelatihan menjadi salah satu kegiatan yang dinilai tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Baik program pelatihan Pre service Training maupun Inservice Training keduanya mempunyai tujuan dan manfaat yang sama dalam kaitannya untuk memajukan dan meningkatkan mutu perusahaan dan secara khusus meningkatkan daya saing perusahaan dengan kompetitor yang lain. Lebih khusus mari kita lihat manfaat pelatihan SDM bagi perusahaan baik untuk jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.
Jika dilihat dari jenis pelatihannya, pelatihan bagi karyawan baru atau dikenal dengan pre service training mempunyai manfaat besar untuk membuat standar kemampuan awal bagi karyawan, ini berfungsi untuk membantu karyawan baru supaya bisa segera mengimbangi kemampuan kerja karyawan yang lama sehingga proses pengawasan karyawan baru bisa lebih singkat sampai mereka bisa bekerja sendiri dengan tingkat pengawasan yang lebih rendah. Dengan semakin cepatnya karyawan baru beradaptasi dengan situasi kerja semakin meningkat pula produksi kerja mereka. Sedangkan pelatihan SDM bagi karyawan yang sudah bekerja bermanfaat untuk me ‘recharge’ kembali atau meng ‘update’ kemampuan dan wawasan karyawan lama agar tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi di luar. Hal ini juga bermanfaat untuk memberikan metode- metode kerja baru yang dulu belum mereka dapatkan saat memulai karir mereka.
Secara lebih luas manfaat pelatihan SDM ini bisa meningkatkan daya saing perusahaan dan menaikkan image perusahaan di mata konsumen dan investor. Selain berguna bagi perusahaan pelatihan juga memberikan tambahan kepercayaan diri pada masing- masing karyawan sehingga semangat kerja mereka bisa tetap menyala untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Dengan kata lain bisa kita simpulkan bahwa pre service training yang lebih mengarah pada manfaat jangka pendek membantu karyawan baru untuk siap bekerja sama dengan karyawan lama, dan untuk tetap menjaga kualitas karyawan lama maka inservice training diberikan pada karyawan lama untuk mendukung program jangka menengah dan memberi pijakan kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang dari perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar