Jumat, 18 Oktober 2013

Bila ingin membuka bisnis salon kecantikan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar bisnis salon kita bisa berkembang sesuai dengan yang kita harapkan.

Sesuaikan Lokasi Dengan Perawatan

Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis dapat mempengaruhi perkembangan bisnis salon kita. Namun selain memilih lokasi yang tepat, perlu juga kita perhatikan jenis-jenis perawatan yang perlu kita fokuskan untuk masing-masing lokasi.

  • Untuk salon yang terletak dekat perkantoran, fokuskan perawatan pada perawatan-perawatan cepat seperti cuci blow, catok, creambath dan make up. Karena perawatan tersebut tidak memakan waktu lama sehingga bisa dimanfaatkan oleh karyawan pekantoran yang hendak meeting atau bertemu klien .
  • Untuk salon yang berlokasi di dekat perumahan,pemukiman atau pusat keramaian,  kita fokuskan pada perawatan yang memakan waktu ber jam-jam, seperti paket spa, body massage, manicure pedicure,  dll.

 Berikan Harga Promo Secara Berkala

Hal ini perlu sebagai bentuk ajang berpromosi atau iklan yang efektif. Dengan membayar harga lebih murah seorang pelanggan bisa merasakan pelayanan maksimal, sehingga mereka puas dan ingin melakukan perawatan lagi meskipun harga kembali normal.

Berikan Kartu Anggota Atau Membership

Ini perlu untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap salon kita. Dengan fasilitas hadiah produk atau gratis perawatan akan  membangun loyalitas pelanggan terhadap salon kita.

Buka Cabang Sebagai Bentuk Brand Image

Untuk keperluan ini, kita bisa membuka cabang di mall atau pusat-pusat keramaian, walaupun dengan modal lebih besar untuk sewa tempat di mall, ini akan sangat efektif untuk membangun image salon anda. Yang perlu anda perhatikan saat membuka cabang baru, buat spesifikasi yang berbeda dengan salon pertama anda. Jangan sampai anda hanya memindahkan pelanggan anda dari salon yang lama ke salon yang baru. Buat setiap salon anda memiliki kelebihan masing-masing sehingga semua salon anda dapat berkembang.

Jalin Kerja Sama Yang Baik Dengan Partner Bisnis

Partner bisnis yg dimaksud adalah seluruh karyaawan yang ada di salon. Perlakukan mereka sebagai partner binsis, bimbing dan ajarkan mereka tentang mengelola bisnis sehingga mereka akan mengelola salon kita seperti bisnis mereka sendiri dan jangan lupa berikan penghargaan untuk karyawan yang berprestasi.

Kotak Saran / Customer Servis

Ini perlu untuk kebikan perkembangan salon kita, dengan saran yang membangun dan memperhatikan serta mendengar setiap keluhan pelanggan kita akan memudahkan kita dalam upaya pengembangan bisnis salon kita.

Karena bagaimanapun juga kepuasan pelanggan sangat utama dan media iklan yang paling efektif adalah dari mulut ke mulut. Jika satu pelanggan anda puas maka dia akan merekomendasikan salon anda pada teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar